Membuat Simple Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity 5.1.1 dan Vuforia 5.0.5
Langkah 1 : Buka Unity dan buat project baruBlank project unity |
Langkah 2 : Ubah project ke Android
Ubah project unity ke android |
Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada player setting
Pengaturan player |
Atur nama company dan nama aplikasi
Atur nama company dan nama aplikasi |
Dan juga pengaturan bundle identifier
Atur bundle Identifier |
Langkah 3 : Import Vuforia SDK dengan double klik
Double click Vuforia SDK |
Centang semua elemen import
Centang semua untuk import Vuforia SDK |
Langkah 4 : Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene, delete Main Camera.
Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene |
Vuforia mensuport debugging di PC menggunakan camera webcam. Tapi jika hardware belum di support Vuforia Anda dapat menonaktifkan fitur ini.
Disable 'Don't use play mode' jika error |
Jangan lupa save scene dengan Ctrl + S setiap melakukan perubahan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan
Langkah 5 : Definisikan marker dengan klik ImageTarget kemudian klik 'No targets defined. Press here for target creation !'
Definisikan marker untuk target |
License manager pada Vuforia |
Pada lisensi ada kode yang harus Anda letakkan di code Anda. Copy semua kode tadi kemudian masukkan di ARCamera pada project Anda
Lisensi Vuforia |
Masukkan ke ARCamera
Masukkan license ke ARCamera |
Kemudian definisikan marker pada image target. Pada bagian 'Target Manager' klik 'Add Database'.
Tambahkan database |
Masukkan nama database, kemudian upload marker. Marker yang Anda Upload akan ditampilkan dan diberi rating
Marker yang di upload di Vuforia |
Kali ini saya menggunakan marker berikut, Anda dapat menggunakan marker lain.
Marker |
File .unitypackage berisi dataset marker |
Langkah 6 : Import file dataset dengan double click file dataset dengan ekstensi .unitypackage yang Anda dapatkan dari Vuforia. Kemudian tentukan dataset yang digunakan pada ImageTarget
Tentukan dataset pada Image Target |
Taruh object yang akan dimunculkan pada AR di atas Image Target. Buat object tersebut menjadi child dari ImageTarget. Pada contoh ini saya memakai object cube dengan klik GameObject >> 3D Object >> Cube
Menletakkan object AR |
Konfigurasi ARCamera untuk me load dataset
Konfigurasi ARCamera untuk me-load dataset |
Langkah 7 : Jalankan project dengan klik File >> Build Settings >> Build. Copy file .apk ke device Android Anda dan jalankan aplikasinya
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia |
0 komentar:
Posting Komentar